Minggu, 25 September 2011

Jika ditangan anda terpasang Infus

ass..wr..wbr
ini adalah postingan pertama pada blog yang saya baru buat. Saya akan memberikan informasi kepada anda tentang "Jika ditangan anda terpasang cairan infus". Biasanya saat pasien datang pertama kali ke fasilitas kesehatan seperti ke Puskesmas Rawat Inap atau ke RS, bila keadaan umum pasien tidak baik, petugas kesehatan (dokter/perawat/bidan) akan memberikan cairan melalui Intravena atau yang kita kenal dengan "Cairan Infus". Kenapa sih kok di lengan..? ohh nggak dikaki juga bisa di kepala juga bisa kok. Tetapi lazimnya dipasang dilengan. Maksud pemasangan infus itu selain untuk memperbaiki keadaan umum pasien juga untuk memudahkan petugas kesehatan memasukkan obat.
Kalau sudah terpasang pasien akan menginap untuk dipantau atau diobservasi perkembangan kesehatannya.

Berikut ini akan saya berikan tip-tip kepada anda agar tidak merasa bingung atau resah jika ditangan anda terpasang cairan infus:

  1. Jangan panik alias harus sabar..rileks brow
  2. Lengan yang terpasang infus bisa diletakkan diatas perut..jangan diletakkan dikasur saja..
  3. Lengan yg terpasang infus jangan diletakkan diatas dada, karena darah akan mengalir naik ke selang..
  4. Kalau anda sudah baikan artinya anda bisa jalan dan anda hendak pipis, boleh kok asal lengan yang terpasang infus disedakepkan (bahasa daerahku ne) seperti orang sholat itu, jangan dibiarkan menggantung spt org mau gerak jalan atau jangan diangkat, cairan infusnya yang harus diangkat..Kenapa ? agar darahnya tidak mengalir naik ke selang infus.
  5. Bila krn sesuatu hal anda melihat darah ada diselang infus..biasanya sekitar 5 cm dari jarum infus, arahkan mata anda ke tetesan infus..kalu masih menetes sante saja entar juga akan hilang sendiri. Tapi kalo nggak netes..panggil petugas kesehatan yang lagi jaga !!!
  6. Bila pada tempat tusukan terasa basah anda bisa merasakannya dari kain kasa yang ditempelkan di atas jarum infus, itu artinya selang infus terlepas dari jarumnya..segera panggil petugas kesehatan..!!
  7. Bila ditempat tusukan terasa panas,nyeri dan bengkak..berikan informasi ini ke Petugas..
  8. Anda BERHAK mendapatkan pelayanan yang terbaik selama anda dalam perawatan, tetapi anda juga mempunyai KEWAJIBAN untuk menghormati petugas dan menaati aturan dan tata tertib yang berlaku..seimbangkan antara HAK dan KEWAJIBAN anda.
Nah mungkin itu yang bisa saya informasikan, semoga info yang sederhana ini bisa membantu
wassalam

6 komentar:

  1. Darah naik ke selang & cairan infus tdk menetes.. Apa yg harus saya lakukan? (Posisi Rawat jalan di rumah)

    BalasHapus
  2. Saya kalo ke kamar mandi sama perawat infusnya disuruh matiin dulu, nanti kalo sdh selesai baru di hidupkan lagi sambil menunggu cairan infus menetes kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara matiinnya gimana? Ke atas atau bawah?

      Hapus
  3. Kalau darah naik ke sekitar jarum( belum ke selang yang panjang) dan sudah agak lama tidak hilang apa yg harus saya lakukan?

    BalasHapus
  4. Ahhhhggg anak saya umur 6 bulan bawa ke RS awalnya sy menolak di infus, tapi dokter nya maksa untuk infus, ngalah dah, setengah jam anak saya nangis gara2 di infus gagal 2 kali,kedua x nya baru bisa, 5 menit kemudian kejang2 lama jadi trauma,efek nnya sejak itu sering nglamun dan kurang bisa fokus seperti dulu.

    BalasHapus
  5. Makasih infonya,sangat membantu sekali

    BalasHapus